Pesan Langit di Tengah Pandemi Covid-19

Achmad Haldani Destiarmand

-

-

2007,2011,2011

Dengan menekuni bidang kriya selama ini, semakin disadari bahwa kriya di Indonesia umumnya bersifat heterogen dan kolaboratif dengan berbagai tingkat akulturasi dan pergeseran sesuai dengan situasi dan kondisi zamannya. Sehingga melalui dunia ragam hias, misalnya, berbagai seni budayapun seringkali dapat dipertemukan, digubah dan dimaknai ulang (termasuk dengan arabesque dan seni kaligrafi Arab/Islam), baik yang digarap secara manual, maupun masinal, tradisional maupun modern.

Secara historis dan filosofis ragam hias itu memang sangat dekat dengan nilai seni, agama dan juga nilai ipoleksosbud. Bahkan dari relasi semua itu, muncullah nilai lain yang disebut etika. Suatu nilai yang antara lain lebih ke bagaimana suatu karya seni itu dapat merefleksikan sikap tanggap yang positif terhadap suatu situasi dan kondisi tertentu terkait kehidupan manusia dan lingkungannya, termasuk terhadap peristiwa pandemi Covid-19 sekarang ini.. Sehingga dengan meneliti dunia ragam hias kitapun dapat berkarya yang selain untuk merasakan rasa indah secara visual juga untuk merasakan sensasi lain yang lebih reflektif dan kontemplatif terkait peristiwa yang sangat dahsyat dan sulit diprediksi kapan berakhirnya tersebut.

Semoga karya kolaboratif saya ini dapat memicu optimisme dan prasangka yang baik sambil terus mensyukuri dan bersabar apapun situasi dan kondisi yang terjadi saat ini. Sebab, semua itu sudah menjadi kehendak dan semua rahasia yang ada di balik kehendak-Nya tersebut.

To play, press and hold the enter key. To stop, release the enter key.

press to zoom
press to zoom

Informasi Pembuat Karya

Achmad Haldani Destiarmand

-